Bandung Ekspres Dorong Kebersihan Kota

[tie_list type=”minus”]Sambut Peringatan HUT ke 205 Kota Bandung[/tie_list]

SOETTA – Rangkaian menuju Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandung mulai terasa. Beberapa elemen muncul memberi kado terbaik mereka untuk Kota Kembang.

Demikian halnya dengan Harian Umum Bandung Ekspres. Koran harian Jawa Pos Group ini pun berusaha ambil bagian pada HUT Kota Bandung ke 205 mendatang. Salah satunya dengan menggelar event kebersihan bersama Pemerintah Kota Bandung.

Bandung Ekspres kemarin (5/9) juga, menerima kunjungan Direktur Utama Berita Kota Makassar (BKM) Mustawa Nur. Saat berdiskusi, Mustawa juga mengaku, pernah menggulirkan program program kebersihan di Makassar.

”Kami sebagai wartawan dan warga, termasuk pemerintahnya tidak pernah bermimpi bisa mengatasi masalah tersebut,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Mus ini menyampaikan, mengapa mendorong program kebersihan seperti yang akan dilakukan Bandung Ekspres, sebab saat itu Makassar sempat disergap banjir. Gorong-gorong mampet karena tersendat oleh tumpukan sampah. Penyempitan saluran air terjadi di mana-mana.

Dengan alasan itu, dia bersama timnya kemudian mendorong para pembaca dan dinas terkait untuk mengerahkan segala upaya agar Makassar bebas dari banjir. Termasuk kawasan kumuh.

Dia berpandangan, ketika kawasan kumuh berarti kawasan tersebut sangat dekat dengan sampah. Termasuk kebiasan buruk membuang sampah sembarangan.

”Ibaratnya begini, kalau sebuah kota kita ibaratkan perempuan. Maka ketika perempuan itu bersih, ya tinggal dipoles sedikit maka bisa jadi cantik,” urainya.

Korelasinya dengan kota? Ketika sebuah kota sudah bisa bersih maka sangat mudah untuk membuatnya semakin cantik. ”Tentu pemerintah Kota Bandung juga punya mimpi itu. Makanya selayaknya Bandung sebagai kota metropolis bisa tampil bersih dan cantik. Seperti apa yang dimimpikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil,” ungkapnya.

Lantas bagaimana mewujudkan hal itu? ”Tidak hanya pembaca, polisi hingga militer pun atas keprihatinan yang sama akhirnya harus mau turun untuk mengatasi masalah itu,” ungkapnya.

”Hasilnya, Makassar mendapatkan Adipura setelah tiga puluh tahun tidak pernah dilirik oleh pusat,” tambahnya.

Sementara itu, Penanggung jawab event Bandung Ekspres Fia Afifah mengatakan, kegiatan berkaitan dengan kebersihan tersebut merupakan satu dari beberapa rencana event yang akan digelar Bandung Ekspres bersama Pemerintah Kota Bandung. Kenapa kebersihan yang dipilih, sebab hingga saat ini selain kemacetan, Kota Bandung belum juga terbebas dari masalah sampah dan kebersihan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan