Bandung Dihantam Badai

[tie_list type=”minus”]

Akar Pohon Besar Sampai Tercabut

[/tie_list]

BANDUNG – Kendati dinantikan, namun hujan yang turun kemarin berdampak buruk. Tingginya intensitas hujan berujung pada banyaknya pohon yang tumbang di Kota Bandung. Imbas lainnya, enam mobil yang diparkir di Jalan Ganeca ringsek karena tertimpa pohon.

Dari pantauan, sebuah pohon caringin besar di Jalan Djuanda (Dago), setinggi 20 meter tumbang di depan gedung BCA. Atau, tepatnya seberang Taman Cikapayang. Kencangnya hembusan angin mengakibatkan pohon tersebut tercabut dari tanah.

”Pohon itu tumbang sekira pukul 14.30. Enggak ada kendaraan yang tertimpa atau kena orang (di lokasi tersebut, Red),” kata Kapolsek Coblong Kompol Sarche Christiaty di lokasi pohon tumbang.

Menyikapi kondisi ini, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dibantu personel Dinas Pertamanan Kota Bandung berjibaku memotong batang pohon menjadi beberapa bagian kecil. Arus lalu lintas di sekitaran Dago sempat lumpuh lantaran ranting-ranting berserakan. ”Pohon dievakuasi agar tidak mengganggu arus lalu lintas,” kata Sarche.

Sementara itu, dua pohon tumbang menimpa enam mobil yang terparkir di depan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca. Bencana tersebut tidak memakan korban jiwa ataupun luka.

”Ada enam mobil berbagai merek yang tertimpa,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Asep Amar di lokasi kejadian. ”Jadi semua mobil yang terkena pohon tumbang ini tengah parkir,” sambungnya.

Satu pohon menimpa lima mobil sekaligus yaitu Honda Brio perak D 1347 ADJ, Honda Brio merah D 1520 ACC, Terios hitam D 1676 ADH, Honda Freed perak B 268 AMS dan Brio putih D 1574 ADR. Mobil Terios paling parah dengan kondisi ringsek bagian depan terhantam batang pohon ukuran jumbo.

Satu pohon lainnya roboh mengenai Honda Jazz perak B 1456 BKO. Mobil tersebut rusak parah. Bagian atap dan kaca depan hancur berantakan.

”Akses lalu lintas di Jalan Ganeca ditutup sementara. Kami memberikan kesempatan kepada petugas untuk mengevakuasi pohon,” tandasnya.

Sejumlah personel Sat Sabhara Polrestabes Bandung terjun langsung ke lokasi kejadian untuk memotong batang pohon. Mereka dibekali gergaji mesin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan