Bakal Kolaborasikan Teater dan Musik

Band asal Bandung, Sarasvati akan menggelar pertunjukan bertajuk ’’Konser Musik Teatrikal Ratimaya Sarasvati” di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Kamis (1/10) mendatang. Konser bertajuk AlLAbout Experience ini sekaligus sebagai peluncuran album baru mereka yang berjudul ’’Ratimaya Sarasvati”.

Sarasvati_Ikon KoranVokalis Sarasvati, Risa Saraswati mengatakan Ratimaya berarti bayangan keindahan yang diambil dari bahasa sanskrit. ’’Artinya itu semacam perumpamaan sesuatu yang indah tapi tidak, jadi semu,” ujarnya saat jumpa pers di Black Spot, Jl. W.R. Supratman No. 57, Bandung, Selasa (29/9).

Seperti konser yang pernah diselenggarakan sebelumnya dan selalu dikemas dengan konsep unik. Tahun ini, Sarasvati disuguhkan dengan aksi teatrikal. Risa mengaku dalam persiapan konser kali ini sempat kesulitan mengolaborasikan aksi teater dengan musik. ’’Susah menghafal skripnya, tapi lama-lama terbiasa. Makanya nanti wajib nonton,’’ ujarnya sambil tertawa.

Sepuluh lagu di album ’’Ratimaya Sarasvati’’ disampaikan dalam sebuah cerita utuh. Selain itu, cerita yang ditampilkan, bisa didapat di dalam bentuk semi-audio book yang bisa diperoleh di dalam album terbaru mereka.

Risa menambahkan, langkah dalam pengambilan konsep ini merupakan langkah berani dan baru pertama kali diambil. Untuk melanggengkan konsep teatrikal dalam konser tersebut, Sarasvati menggandeng Merchant of Emotion (MoE) yang merupakan sebuah studio kreatif yang bertugas membuat karakter tokoh yang dimainkan.

Tokoh utama yang menjadi pemeran utama adalah perempuan bernama Ratimaya yang senang hidup di alam mimpi. Lalu ada seorang karakter bernama Arsa, yang merupakan teman Ratimaya di alam mimpi. ’’Mereka digambarkan dengan pendekatan semi animasi. Cerita dalam lagu dan karakter ini akan diuntai dengan pertunjukan teatrikal,’’ imbuh perwakilan dari MoE, Triadi di tempat yang sama.

Salah satu personel Sarasvati, Iman Jimbot mengatakan, para pecinta seni wajib menonton konser karena konsep ini merupakan hal yang berbeda. ’’ Latihannya susah, tapi kami bekerja keras untuk menyuguhkan sesuatu yang bisa dinikmati para pecinta seni, baik musik maupun teater,’’ ujar Iman Jimbot. (asp/adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan