Baju Batik Oncom Siap Dipatenkan

bandungekspres.co.id– Baju batik bermotif batu akik oncom yang merupakan batu khas dari Gununghalu Kabupaten Bandung Barat siap dipatenkan oleh Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya. Ide kreatif yang dimiliki Maman ini akan didaftarkan ke Kemenkumham agar tidak diklaim oleh siapapun.

batik oncom
Hendrik Kaparyadi/Bandung Ekspres

UNIK: Salah seorang PNS saat mengenakan baju batik bermotif oncom yang akan dipatenkan. Baju ini merupakan ide kreativitas Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya, kemarin.

Menurut Maman, ide kreatifnya ini muncul setelah mengamati motif-motif batu akik oncom yang memiliki ciri khas tersendiri sangat cocok untuk digambarkan pada sebuah baju batik. ’’Baju batik ini memiliki motif golden/pancawarna oncom. Selain ada motif oncomnya, kami juga padukan dengan bunga bakung,” kata Maman kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Maman menjelaskan, alasan harus dipatenkan, karena baju ini tidak boleh diklaim oleh orang lain. Dengan pilihan desain motif dan juga bahan pada baju batik ini sudah dirancang dengan model yang elegan dan nyaman saat dipakai. Maman menegaskan, baju batik oncom yang dibuatnya ini merupakan ide pribadinya sebagai ungkapan kecintaan pada Kabupaten Bandung Barat yang memiliki batu akik khas yaitu oncom. ’’Baju ini, merupakan ide saya sendiri yang akan dipatenkan. Baju batik ini tidak dilombakan. Kalau yang dilombakan ada nanti baju batik lainnya dengan Surat Keputusan (SK) bupati. Kalau ini hanya sekadar ide kreatif saya saja,” katanya seraya menyebutkan pembuatan baju batik ini dirancang di Rumah Batik Lembang dengan memiliki alat cetak khusus.

Maman menjelaskan, filosofi dipadukannya antara motif golden/pancawarna oncom dan gambar bunga bakung, lantaran memiliki makna bahwa bunga bakung atau yang biasa disebut bunga lily itu adalah sekumpulan tanaman hias yang indah dengan berbagai warna mulai dari putih dan merah. Bunga bakung ini bisa tumbuh menyesuaikan dengan lingkungannya. ’’Artinya makna yang bisa kita ambil dari gambar bunga bakung ini, diibaratkan pegawai negeri sipil (PNS) yang bisa menyesuaikan dengan lingkungan kerja. Untuk makna dari golden/pancawarna oncom, kita ingin memberikan ciri khas tersendiri bahwa baju batik oncom ini bisa didapatkan hanya di Kabupaten Bandung Barat,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan