Akses Jalan Sudah Terbuka

 

bandungekspres.co.id– Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya memastikan, longsor yang terjadi di Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah dan yang menghubungkan Kecamatan Cikalongwetan-Cipeundeuy sudah ditangani oleh petugas dari Pemkab Bandung Barat. ”Alhamdulillah, dua-duanya sudah tertangani,” ungkapnya kepada wartawan ditemui di Lembang, kemarin.

Menurut Maman, longsor yang terjadi di RT 4 RW 4, Kampung Sukamanah, Desa Puteran, Kecamatan Cikalongwetan pada Sabtu (12/12), saat ini dipastikan sudah bisa dilewati kendaraan motor dan mobil. Namun, untuk kendaraan besar sementara waktu tidak bisa melewati jalur tersebut lantaran badan jalan yang masih tersisa oleh longsoran tanah. ”Longsor tersebut akibat dari tebing setinggi 50 meter dan menimbun jalan sepanjang 150 meter,” katanya.

Antisipasi agar tidak terjadi longsor susulan, lanjut Maman, pihaknya berencana akan membuatkan susunan tanah ke atas ditahan oleh beronjong agar tanah tidak lagi turun ke jalan. Diakuinya, jalur tersebut memang menjadi rawan terjadinya longsor lantaran ketinggian tebing yang tidak tertahan di bawahnya. ”Makanya kami akan anggarkan melalui Dinas Bina Marga agar dalam waktu dekat dibuatkan beronjong,” ungkapnya.

Maman menambahkan, saat ini Kabupaten Bandung Barat sudah masuk siaga bencana yang harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat mengingat musim penghujan sudah mulai turun sejak 1 bulan terakhir. Ia juga mengingatkan kepada para camat terutama di beberapa titik yang berpotensi terjadinya longsor seperti di Cililin, Gununghalu dan Rongga agar memantau di lapangan dan selalu mengimbau warganya. ”Para camat dan bawahannya harus melakukan piket agar terus mengawasi potensi terjadinya longsor di masing-masing wilayah,” katanya.

Seperti diketahui, hujan yang turun pada Sabtu (12/12) malam kemarin mengakibatkan akses jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Cikalongwetan dan Cipeundeuy terputus akibat tertimbun longsor. Aktivitas lalulintas masyarakat terpaksa harus terganggu lantaran sulit melalui jalur tersebut. Puluhan warga sekitar bersama dengan aparat kepolisian dan BPBD Kabupaten Bandung Barat langsung membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan dengan peralatan seadanya. Sementara alat berat berupa backhoe baru diturunkan ke lokasi pada sore hari. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan