AKAD dan AKAP Cek Fisik

[tie_list type=”minus”]Sebelum Layani Pemudik[/tie_list]

INDRAMAYU – Menjelang arus mudik lebaran 1436 H/2015 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indramayu melakukan pengecekan terhadap angkutan umum, di Terminal Indramayu Kota, Selasa (7/7). Kendaraan yang diperiksa adalah jenis angkutan antar kota dalam provinsi (AKAD) dan antar kota antar provinsi (AKAP).

Kepala Dishubkominfo, Drs H Zakaria Joko Hartawan MM menjelaskan, pemeriksaan kendaraan harus dilakukan demi kenyamanan dan keselamatan selama arus mudik dan arus balik. Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan RI, di mana menjelang lebaran harus dilakukan pemeriksaan terhadap angkutan mudik.

”Selain terhadap angkutan tersebut, pemeriksaan rencananya juga akan kami lakukan terhadap angkutan umum (elf) jurusan Indramayu-Cirebon,” terang Joko, didampingi Kepala Bidang Perhubungan Darat Opik Hidayat SSos.

Joko megungkapkan, untuk kendaraan AKAD yang diperiksa adalah kendaraan trayek Indramayu-Bandung. Di antaranya terdapat kendaraan Bus Damri sebanyak lima unit, Bhineka 10 unit dan Bus Pasundan. Sedangkan untuk kendaraan AKAP terdapat satu unit bus jurusan Indramayu-Cilacap.

”Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, secara umum kendaraan yang ada masih layak. Meskipun demikian, ketika dari hasil pemeriksaan ada yang tidak layak tentunya kami sarankan agar diperbaiki terlebih dahulu agar tidak membahayakan,” ujar Joko.

Opik menambahkan, pemeriksaan kendaraan ini memang harus dilakukan secara rutin. Tujuannya tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang. Ia juga berharap kepada pemilik atau pengusaha angkutan umum, agar benar-benar memperhatikan kondisi kendaraannya.

”Kalau memang ada kendaraan yang sudah tidak layak operasi, mestinya juga jangan dipaksakan. Karena hal ini kerap membuat kecewa para penumpang,” tandasnya. (jpnn/fik)

Tinggalkan Balasan