Adipura Bukan Tujuan

Didedikasikan untuk Semua yang Turun Tangan Membersihkan Kota Bandung

emil“Adipura bukan tujuan. Karena kebersihan dan hijau lestari kota adalah kebutuhan, juga bagian dari iman. Adipura ini spesial didedikasikan untuk Pak Sariban dan warga Bandung lain yang tidak kenal lelah menjaga kebersihan Kota Bandung”

 

PENANTIAN 17 tahun Kota Bandung mendapatkan Adipura akhirnya terpenuhi. Pasalnya, ibukota Jawa Barat ini berhasil meraih Anugerah Adipura 2015 Kategori Kota Metropolitan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Kota Bandung bersaing dengan 357 kota lainnya di seluruh Indonesia. Selain itu, kota yang dijuluki Kota Kembang ini jadi satu-satunya pemenang baru penghargaan Adipura yang berasal dari Pulau Jawa.

Ridwan Kamil mengatakan, keberhasilan Kota Bandung meraih Piala Adipura merupakan bentuk semangat atas kerja selama dua tahun ini dengan jajaran Pemkot Bandung berkolaborasi bersama masyarakat. Hal ini dia katakana saat acara Malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura 2015 berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (23/11) lalu.

’’Malam ini setelah perjalanan panjang tujuh belas tahun akhirnya Adipura kembali ke Kota Bandung. Perjalanan mereformasi lebih dari 30 program. Mulai dari, gerakan pungut sampah, hingga perbaikan infrastruktur, penegakan hukum untuk mengubah prilaku,’’ ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengakui, Kota Bandung belum sempurna di bidang kebersihan. Masih ada satu dan dua masalah. Namun, jika dibandingkan dengan tahun 2013 lalu, progres kebersihan relative membaik. ’’Penghargaan ini bukan suatu tujuan. Namun, yang terpenting kebersihan harus menjadi kebutuhan, saya dedikasikan penghargaan ini untuk warga kota Bandung dan kerja keras aparat kewilayahan,’’ tutur bapak dua anak ini.

Dia juga mengungkapkan, Adipura bukan soal kebersihan semata. Melainkan, tentang kelola lingkungan seperti yang ia lakukan melalui Perwal Green Building dan sejumlah kegiatan lainnya. Inovasi itulah yang menjadi penilaian Adipura.

Emil sempat pula mengungkapkan kebahagiaannya di akun Twitter pribadinya @ridwankamil. ’’Mari bekerja lebih giat lagi. Mari jaga kebersihan kota ini bersama-sama. Mari kita cintai Bandung ini seperti kita mencintai ibu kita sendiri. Berita ini membuat saya sedikit lebai cirambai,’’ canda Kang Emil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan