2016 Siapkan KUR Rp 100 T

bandungekspres.co.id– Pemerintah tidak muluk-muluk jika realisasi kredit usaha rakyat (KUR) yang menjadi program pemerintah dalam membantu pelaku UKM tidak mencapai 100 persen. Kalau sampai sekarang sudah tersalur lebih dari Rp 20 triliun dari target Rp 30 triliun itu sudah bagus. ”Sudah bagus kalau dalam empat bulan kita sudah bisa menyalurkan KUR sebesar 60 persen. Rencananya tahun depan pemerintah akan menyiapkan dana KUR Rp 100 triliun. Dan bunganya kembali turun dari sekarang 12 persen per tahun, nanti menjadi sembilan persen saja. Kredit yang disediakan pemerintah melalui sejumlah bank sebagai penyalur buat memudahkan para koperasi dan UKM mendapatkan akses pembiayaan,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga usai menendang bola tanda dimulai pertandingan Kejuaraan Futsal Antar Forum Wartawan 2015 memperebutkan Piala Menteri Koperasi dan UKM yang digelar Forum Wartawan Koperasi (Forwakop) di Jakarta, Minggu (20/12).

Di bagian lain, Menkop dan UKM mengatakan, pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bukan pasar bebas. Jadi jangan dipandang sebagai bentuk persaingan usaha. ”Bukan saling jatuh menjatuhkan. Setiap negara saling ketergantungan dengan negara lain. Negara yang kekurangan akan diisi dengan negara lain. Ini yang harus diluruskan dalam memandang dan menghadapi pemberlakukan MEA tahun depan. Jadi, dengan adanya MEA, negara ASEAN bisa saling mengisi kekurangan. Bukan saling menjatuhkan. Itulah prinsip MEA,” ungkap Puspayoga.

Justru dengan pemberlakukan MEA itu nanti, lanjut mantan Wakil Gubernur Bali, Indonesia memiliki peluang cukup besar untuk memperoleh pasar lebih besar. Indonesia dan negara ASEAN lainnya juga tidak mau saling menjatuhkan. ”Pemodal besar tidak boleh dan tidak akan menjatuhkan pemodal kecil, sehingga pemodal kecil jadi gulung tikar dan jatuh miskin. Negara ASEAN menginginkan adanya keselarasan ekonomi kok,” pintanya.

Ketua Forwakop Heryanto menambahkan, berolahraga memang tujuan utamanya untuk mencapai prestasi dalam satu kejuaraan, tapi dengan berolahraga, kita dapat menyehatkan badan atau kesegaran jasmani. ”Dengan badan yang sehat, kita dapat melaksanakan segala aktivitas, sehingga meningkatkan produktivitas untuk berkarya atau bekerja. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara Forwakop dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Di mana sebagai mitra, Forwakop berperan untuk memberitakan segala aktifitas Kementerian Koperasan dan UKM,” ujarnya mendampingi Menkop dan UKM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan