2016, Cimahi Miliki Flyover

Bakal Habiskan Anggaran RP 36 Miliar*

JUDUL S: Upaya Mengatasi Masalah Kemacetan

CIMAHI – Selain membangun Jalan Aruman sebagai jalur lingkar utara, untuk mengatasi kemacetan ruas utama Kota Cimahi di Jalan Jenderal Amir Machmud, Pemkot Cimahi berencana membangun jembatan layang (flyover) di kawasan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah. Anggaran yang dibutuhkan pun ditaksir hingga Rp 36 miliar.

Akibat besarnya nilai tersebut, pembangunandiprediksi baru bisa direalisasikan pada 2016 mendatang. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi Agus Joko. ”Ini kan dananya cukup besar, jadi perlu ada kajian mendalam dulu,” ujarnya.

Rencana pembangunan flyover Padasuka yang menghubungkan daerah RT 07 RW 14 ke kawasan Contong semula dicantumkan pada tahun 2014, lalu molor dan mulai digulirkan 2015-2016. ”Kami mengharapkan proses pembangunan sudah bisa dimulai pada tahun 2015 ini. Jadi, kalaupun tahun 2015 ini tidak bisa memulai proses pembangunan jalan tersebut maka tahun 2016 menjadi target untuk mengawali proses pembangunannya,” ucapnya.

Menurut Agus, kajian-kajian lain menyangkut pembangunan flyover sudah selesai di tingkat daerah. Namun, dibutuhkan kajian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan untuk mencapai standar Nasional.

”Kalau kajian-kajian di daerah sudah beres tinggal dilanjutkan ke pusat penelitian jalan dan jembatan yang di Bandung,” katanya.

Agus menyebutkan, anggaran pembangunan jalan ini bersumber dari bantuan Provinsi dengan besaran awal Rp 20 miliar. Adapun prediksi anggaran yang akan dihabiskan bisa mencapai Rp 36 miliar. ”Kebutuhan sekitar Rp 36 miliar, kalau kurang nanti diajukan lagi ke Provinsi,” tuturnya.

Diakuinya, jika kajian semua sudah selesai maka pihaknya tinggal menyelesaikan proses perizinan dengan Menteri Perhubungan selaku institusi yang membawahi bidang perhubungan. Termasuk, izin dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) karena jembatan akan melintasi rel kereta api.”Kami tinggal urus izin dari Menteri Perhubungan dan selanjutnya ke PT KAI,” tambahnya. (HD/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan