2016, Bangun Terminal

[tie_list type=”minus”]Kajian Proyek Rampung Triwulan Tahun Ini[/tie_list]

CIMAHI – Pembangunan terminal angkutan umum di Kota Cimahi kemungkinan akan terlaksana di tahun anggaran 2016 mendatang. Pasalnya, untuk kajian pembangunannya sendiri baru akan rampung pada triwulan kedua tahun 2015 ini.

”Pembangunan terminal itu masih dalam kajian, tapi tahun ini pada triwulan kedua kajiannya ditargetkan selesai,” ungkap Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Kosasih kemarin.

Kosasih mengatakan, kebutuhan terminal di Kota Cimahi ini sangat mendesak. Pasalnya, masih banyak angkutan umum yang terpaksa menjemput penumpangnya di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

”Cimahi ini kota perlintasan jadi dengan adanya terminal bisa di tata angkutan umum yang ngetem di titik-titik tertentu sehingga kemacetan pun bisa lebih diminimalisir lagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan mempertimbangkan keterbatasan lahan di Kota Cimahi, maka dalam kajiannya, tipe terminal yang akan dibangun itu kemungkinan terminal tipe C (angkutan antar Kota) saja. Meskipun angkutan antar provinsi pun ada yang menarik penumpang di Kota Cimahi seperti angkutan antar provinsi yang biasa mengangkut penumpang di jalan dekat kawasan Gedung Opat Kota Cimahi. ”Ada beberapa lokasi yang direncanakan, diantaranya bisa di Cimindi, bisa di pasar atas,” ujarnya.

Jadi, lanjutnya, anggaran untuk full pembangunan terminal ini belum dimasukan kepada APBD 2015 karena DED (Detailed Engineering Design) belum dibuat sehingga belum ketahuan berapa anggarannya. Namun, untuk anggaran perencanaannya sendiri kemungkinan akan dimasukan pada APBD perubahan 2015 ini. ”Nanti setelah dibuat DED baru terlihat berapa anggarannya,” ujarnya.

Anggota DPRD Kota Cimahi Barkah Setiawan mengatakan, kebutuhan terminal di Kota Cimahi memang sudah sangat dibutuhkan. Pasalnya, Kota Cimahi dengan intensitas kemacetannya yang luar biasa diharapkan dapat diminimalisir dengan adanya terminal angkutan umum.

Barkah melanjutkan, untuk pembangunan terminal ini nantinya akan terkendala dengan masalah lahan Kota Cimahi yang semakin sempit. Oleh sebab itu, dalam kajian penentuan lahan lokasi terminal harus benar-benar matang. ”Dalam penentuan lahan terminal jangan sampai menjadi penyakit baru,” ujarnya.

Menurutnya, lahan bekas Pusat Niaga Cimahi (PNC) sebetulnya menjadi lahan ideal jika diperuntukan untuk terminal. Pasalnya, selain lahannya cukup luas juga menjadi lahan perbatasan dengan Kota Bandung.

Tinggalkan Balasan