2015, 168 Peristiwa Kebakaran

[tie_list type=”minus”]

Dua Warga Meninggal Dunia

[/tie_list]

bandungekspres.co.id – Sepanjang tahun 2015, mulai Januari hingga Desember ini, 168 peristiwa kebakaran terjadi di Kota Bandung.

kebakaran
EDDY KOESMAN/BANDUNG EKSPRES BERJIBAKU: Petugas DPPK Kota Bandung berusaha memadamkan api yang menimpa sebuah rumah berlantai dua di Jalan Moh. Toha RT 01/02, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar, Jumat (25/12)

Berdasarkan data, 80 persen sumber api akibat konsleting listrik. Dari keseluruhan kejadian kebakaran, 16 di antaranya kebakaran alang-alang dan sisanya beragam. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung Ferdi Ligaswara, kemarin.

Menurut dia, frekuensi bencana tersebut terbilang banyak, meski kalau dibandingkan dengan DKI Jakarta yang jumlahnya di atas 1.600 kejadian, hanya 10 persennya. Namun, tidak boleh membanding-banding bencana. ’’Sekecil apapun kejadian kebakaran, tetap saja menghilangkan harta benda yang kita cintai,’’ tukasnya.

Atas referensi tersebut, Ferdi mengungkapkan, pihaknya sedang menggalakkan program satu alat pemadam api ringan (APAR) satu rumah. Di samping itu, sahutnya, mendidik relawan di setiap kewilayahan juga menjadi prioritas. ’’Pemadaman api oleh warga lebih baik dibanding ditanggulangi DPPK. Filosofinya, api itu besar dari kecil. Maka, ketika api masih kecil dapat ditanggulangi warga, pencegahan berhasil,’’ sebut Ferdi.

Sementara, Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran DPPK Yosef Heryansyah membenarkan, data kejadian kebakaran selama tahun 2015. ’’168 kebakaran itu merupakan jumlah hasil evaluasi DPPK selama 2015 ditambah dua kejadian kebakaran Rabu (23/12) kemarin dan Jumat (25/12),” imbuh Yosef.

Selain itu, eksistensi penanggulangan bencana yang dilaksanakan DPPK, tak sebatas penanggulangan kebakaran. Melakukan pertolongan dan evakuasi bencana lainnya juga bagian tak terpisahkan dari tufoksi DPPK terhadap bencana yang meinmpa warga Bandung dan wilayah Bandung Raya.

’’Data tahun 2015 menunjukkan ada dua korban meninggal terdampak bencana. Meski yang lain bisa diselamatkan, namun korban material cukup besar. Jumlahnya, hingga mencapai milaran, mungkin juga puluhan miliar. Secara pasti data kerugian ada di kepolisian,” sahut Yosep.

Terkait dua kejadian kebakaran menjelang peringatan hari besar keagamaan, Maulid Nabi dan Natal, Yosef memaparkan, Rabu (23/12) kebakaran terjadi di Jalan Babakan Tarogong RT 07/04, Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Bojongloa Kaler.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan