19 Peserta SEAMBC Resmi Bertarung

CIBINONG—Bogor siap menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamunya. Hal itu terlihat jelas dalam opening ceremony turnamen South East Asia Marching Band Championship (SEAMBC) 2015 di Gedung Serbaguna I Kabupaten Bogor, tadi malam.

Para delegasi dari lima negara yakni Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam, tampak menikmati kehangatan khas Indonesia. Mereka akan berkompetisi di kejuaraan marching band pertama di Asia Tenggara, Kamis-Minggu (27-30/8).

SEAMBC 2015 diikuti enam negara dengan jumlah peserta mencapai 19 tim marching band. Ada empat mata lomba yang dipertandingkan. Antara lain display di Stadion Pakansari, drum battle (Botani Square), colour guard (GOR Pajajaran) serta, parade (Jalan Jenderal Sudirman).

Ketua Panitia Besar SEAMBC 2015, Gatut Susanta mengatakan, kejuaraan ini menjadi titik awal terciptanya sejarah. Khususnya bagi Bogor karena dipercaya mengadakan even internasional. ”Mulai dari sini langkah awal kami agar marching band ikut serta ke dalam turnamen olahraga lainnya,” ujarnya saat memberi kata sambutan, kemarin (27/8).

Gatut juga mengharapkan dukungan pemerintah pusat agar olahraga marching band dapat diikutsertakan dalam kejuaraan SEA Games, Asian Games bahkan Olimpiade. Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bogor, Rusdi AS mengaku bangga dan terkesan terhadap pelaksanaan SEAMBC 2015. ”Ini sejarah dan pertama kali diadakan. Mudah-mudahan pada perhelatan SEA Games 2019 di Indonesia, marching band masuk dalam cabor eksebisi,” singkatnya. (jpnn/fik)

Tinggalkan Balasan