181 Panwas TPS Dilantik Ketua Panwascam

bandungekspres.co.id- Sebanyak  181 orang  Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Panwas TPS) yang berasal dari 10 desa di Kecamatan Soreang dilantik Ketua Panwascam Soreang di aula Desa Pamekaran, Soreang, kemarin.  Menurut Ketua Panwascam Soreang Nanan Kusnandi, Panwas TPS bertugas untuk melakukan pengawasan pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS. Dengan begitu, mereka wajib hadir dalam kegiatan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bandung, 9 Desember mendatang.

’’Setiap Panwas TPS wajiob hadir dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bandung nanti. Selain itu tupoksi Panwas TPS harus dipahami oleh seluruh anggota Panwas TPS yang dilantik hari ini (kemarin),” terang Nanan.

Sebagaimana diketahui, tugas dan wewenang Panwas TPS adalah  mengawasi pelaksanaan pemungutan suara serta seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pemungutan dan perhitungan suara. Bahkan  perlengkapan Pemilihan dan pendistribusian logistik yang ada di TPS juga harus dilaporkan panwas TPS bersama sama dengan Pengawas Pemilihan Lapangan.

’’Jadi tidak hanya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara hasil pemilihan, tapi panwas TPS juga  menyampaikan laporan hasil pemungutan suara dengan mendapatkan berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan perhitungan suara di TPS itu. Dimana proses rekapitulasi suara yang dilakukan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara di TPS,” tambahnya.

Komisioner lainnya, Chandra Gupta menambahkan, dalam pemilihan bupati dan wakil bupati yang dikenal dengan pilkada serentak, Panwas TPS memiliki kewajiban yang sama dengan PPL atau Panwascam. Bersikap tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, menyampaikan laporan yang berkaitan dengan adanya dugaan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan pemilihan di TPS.

’’Bahkan  menyampaikan temuan dan laporan kepada Panwascam jika ditemukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh petugas KPPS yang mengakibatkan terganggunya penyelenggaraan tahapan Pemilihan di TPS yang diawasinya itu,” tegas Chandra.

Pelantikan itu berlangsung sukses karena dihadiri juga oleh Ketua PPK Kecamatan Soreang Cucu dan unsur Muspika Kecamatan Soreang. (gun/vil)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan