100 Kios Darurat dalam Seminggu

 [tie_list type=”minus”]Menteri Perdagangan Sambangi Pasar Induk Gedebage [/tie_list]

PANYILEUKAN – Pemerintah berencana mengubah Pasar Gedebage menjadi lebih modern. Selain itu, akan dibangun kios darurat untuk membantu pedagang berjualan pascakebakaran yang menghanguskan 100 kios pada Senin (20/7) lalu.

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel saat mendatangi Pasar Gedebage kemarin (21/7). ’’Ada rencana besar dibuat lebih baik lagi. Lebih modern. Jadi pasar tradisional tapi pendekatannya lebih modern,’’ ungkapnya kepada wartawan.

Rahmat mengaku, ingin melihat langsung kondisi pasar. Sebab, musibah kebakaran pasti berdampak terhadap hidup para pedagang. Kedatangan Rahmat ke Pasar Gedebage sekaligus untuk memantau harga pangan pasca Lebaran. Menurut dia, hingga kemarin, harga masih stabil. Diapun mengaku, masih mengumpulkan data-data dari berbagai daerah mengenai hal tersebut. ’’Kita tetep upaya dalam mengendalikan harga-harga bahan pokok,’’ terang dia.

Meski harga bahan pangan termasuk stabil, Rahmat akan membuat sub bulog di setiap pasar induk untuk memantau fluktuasi harga. Terutama, bahan pokok seperti beras. ’’Nanti kita lihat dulu. Yang jelas, jangka panjang ke depan, pemerintah akan memberdayakan bulog semaksimal mungkin untuk mengatasi gejolak kebutuhan pokok,’’ jelasnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang juga ikut memantau pasar menyampaikan keprihatinannya atas insiden kebakaran tersebut. ’’Tentu kami atas nama pribadi dan pemerintah saya sangat prihatin ya, apalagi ini kejadiannya di suasana Idul Fitri,’’ kata Aher—sapaan akrabnya. Aher mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait akan mencari solusi bagi para pedagang yang kiosnya terbakar.

Di sisi lain, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang juga ikut memantau kondisi pasar bersama Mendag mengatakan, akan membangun kios darurat dalam waktu satu minggu. Kios ini didirikan sambil menunggu proses renovasi pasar. Rencananya, kios pasar akan dibangun secara permanen. Adapun kios darurat berjumlah 100 unit.

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, tahun depan akan membangun pasar modern di bagian bawah Pasar Gedebage seluas 14 hektare. Kemudian, di bagian atas akan dibangun apartemen rakyat. Mengenai anggaran revitalisasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membutuhkan Rp 1 triliun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan