Daop II Tak Adakan Mudik Gratis

BANDUNG – Pada hampir setiap momen Idul Fitri, banyak perusahaan yang menggulirkan beragam program mudik gratis. Meski begitu, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung tidak menyelenggarakan program kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal mudik gratis. Ini berbeda dengan PT KAI Daop 8 Surabaya, yang menjalin kerjasama dengan Pemprov Jawa Timur mengadakan angkutan mudik gratis.

Mudik Kereta
AGUS WIDODO/JAWA POS

PENUH: Angkutan mudik selalu ramai oleh penumpang tiap tahunnya. Meski begitu, Daop II tidak menggulirkan program pulang kampung gratis.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Zunerfin kemarin (18/6) mengemukakan, sampai saat ini, pihaknya memang tidak menggulirkan program kerjasama mudik gratis. Dirinya tak memungkiri di Jabar terdapat program mudik gratis. Itu pun terbatas pada angkutan sepeda motor dan tidak berada di wilayah kerja PT KAI Daop 2 Bandung.

’’Sebenarnya, kami bisa menyelenggarakan program mudik gratis seperti yang dilakukan PT KAI Daop 8 Surabaya. Tapi, itu dapat kami lakukan apabila ada permintaan. Nah, program mudik gratis di Jatim itu merupakan inisiatif Pemprov Jatim. Sedangkan peran PT KAI Daop 8 Surabaya sebagai fasilitator,” tukas Zunerfin.

Umumnya, program mudik gratis di sejumlah daerah merupakan rute-rute jarak dekat. Di wilayah kerja PT KAI Daop 2 Bandung, ada juga rute-rute jarak pendek, seperti KA komuter Cibatu-Purwakarta. Apabila Jabar punya program mudik gratis, itu bisa berlaku bagi KA komuter dan jarak pendek. ’’Bisa juga pada rute parsial. Umpamanya, KA Bandung-Surabaya. Program mudik gratisnya hanya sampai Garut atau Tasikmalaya,” kata Zun-sapaan akrabnya.

Dia menegaskan, apabila pemerintah daerah mengajukan atau menggulirkan program mudik gratis Idul Fitri 2015, pada dasarnya, jajarannya siap menjadi fasilitator. Hal yang perlu dilakukan adalah membicarakan dan membahas bentuk kerjasama. Selain itu, teknis pelaksanaan dan sejauh mana kesiapan sarana serta prasarana penunjangnya.

Berkenaan dengan program mudik gratis di wilayah kerja PT KAI Daop 8 Surabaya, informasinya, lembaga BUMN tersebut menyiapkan 14 perjalanan KA mudik yang bergulir 13-16 Juli 2015 dan 19-22 Juli 2015 untuk arus balik. PT KAI Daop 8 Surabaya pun menyiapkan tiket 11.756 per hari. Rangkaiannya antara lain, KA Panataran, KA Tumapel, KA Dhoho, KRD Kertosono, dan KRD Bojonegoro. (vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan