Angkutan Motor Gratis

PELEBARAN JALAN: Kendaraan melintas disamping sebuah alat berat yang meratakan jalan pelebaran arus mudik lebaran di Jalan Raya Serang-Cilegon, Kabupaten Serang, Banten, kemarin.

Kemenhub Buka Pendaftaran Jelang Lebaran

PELEBARAN JALAN:  Kendaraan melintas disamping sebuah alat berat yang meratakan jalan pelebaran arus mudik lebaran di Jalan Raya Serang-Cilegon, Kabupaten Serang, Banten, kemarin.
PELEBARAN JALAN: Kendaraan melintas disamping sebuah alat berat yang meratakan jalan pelebaran arus mudik lebaran di Jalan Raya Serang-Cilegon, Kabupaten Serang, Banten, kemarin.

JAKARTA – Kementerian Perhubungan mulai kemarin (15/6) membuka pendaftaran angkutan motor gratis bagi pemudik. Pendaftaran dilayani di kantor Kemenhub di Jalan Medan Merdeka Barat No 8 Jakarta Pusat.

Periode perjalanan angkutan sepeda motor gratis arus mudik, akan dimulai tanggal 21 Juli 2014″ (H-7) sampai 25 Juli 2014 (H-3). Kemudian untuk arus balik dimulai 1 Agustus 2014 (H+3) sampai 5 Agustus 2014 (H+7). Tahun ini, diproyeksikan 3.600 sepeda motor yang dapat diangkut ke stasiun-stasiun tujuan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, angkutan sepeda motor gratis diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan KA Kuto Jaya Utara menuju Stasiun Kejaksan (Cirebon), Tegal, Poncol (Semarang), Kutoarjo, Lempuyangan (Yogyakarta) dan Jebres (Solo).

“Pemberangkatan sepeda motor dari Jakarta Gudang untuk lintas utara tujuan Cirebon, Tegal dan Semarang dilakukan pada pukul 19.55 WIB dan lintas selatan tujuan Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo pukul 17.55,” jelasnya.

Untuk arus balik menuju Jakarta Gudang, diberangkatkan dari Stasiun awal Semarang Poncol pukul 12.30 WIB berhenti di Tegal pukul.15.30 dan Stasiun Cirebon pukul. 19.30. Sementara pemberangkatan dari Stasiun Jebres Solo dilakukan pada pukul. 11.10 berhenti di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta pukul. 12.10 dan di Stasiun Kutoarjo pukul. 16.30.

Pendaftar diharapkan membawa KTP dan STNK asli serta melampirkan fotocopy KTP dan STNK. Kementerian Perhubungan juga membuka pembelian tiket kereta pergi-pulang dengan tujuan yang sama maksimal empat orang dengan syarat melampirkan fotocopy kartu keluarga dan KTP. “Pengguna angkutan sepeda motor dengan kereta api akan mendapatkan prioritas membeli tiket dengan ketentuan satu sepeda motor dapat membeli dua tiket dewas dan dua tiket anak,” jelas Hanggoro.

Angkutan gratis untuk pemudik bermotor merupakan prioritas karena pada mudik lebaran tahun lalu terdapat lebih dari 2.700 kasus kecelakaan dengan 575 korban meninggal dunia, 956 orang mengalami luka berat, dan 3.443 luka ringan. Sekitar 15 persen diantaranya merupakan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Tahun lalu, diperkirakan ada tiga juta pemudik bersepeda motor ke sejumlah kota tujuan.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kemenhub J.A. Barata mengatakan, sepeda motor bukan merupakan alat transportasi jarak jauh. Fungsi yang sesungguhnya hanya sebagai kendaraan jalur pendek. “Hanya di digunakan di dalam kota saja. Bukan untuk luar kota,” jelasnya.

Menurut Barata, kekurangan sepeda motor yakni ada pada segi keamanan. Dia mengatakan, dalam momen mudik, pengendara sepeda motor harus konsentrasi tinggi di jalan. Karena padatnya arus kendaraan. Belum lagi barang bawaan yang dibawa sebagai oleh-oleh ke kampung halaman membuat pengendara tidak leluasa. “Itu memicu kecelakaan,” jelasnya.

Barata tidak menampik jika Kemenhub tidak bisa melarang sama sekali pemudik yang menggunakan sepeda motor. Hal itu lebih disebabkan faktor sosial ekonomi. Karena masih banyak penduduk Indonesia yang belum mampu membeli mobil. Untuk mengatasi itu pihaknya menyiapkan beberapa solusi. Di antaranya mengimbau pemudik untuk beralih ke angkutan umum. Tahun ini, pemerintah telah mempersiapkan sarana transportasi untuk moda angkutan darat (angkutan jalan, kereta api, sungai danau penyeberangan), angkutan laut, dan angkutan udara.

Untuk angkutan jalan disiapkan sejumlah 22.340 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 16.415 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan 4.260 bus pariwisata. Untuk angkutan kereta api disiapkan 293 Kereta Api (KA) reguler, 32 KA lebaran, 416 lokomotif siap operasi, 1.555 kereta SO penumpang.

Sementara itu untuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan disiapkan 174 kapal Roll On-Roll Off (Ro-Ro). Untuk angkutan laut disediakan 25 kapal Pelni, 28 Kapal Ro-Ro Swasta, 72 kapal penumpang swasta, 1.049 kapal swasta jarak dekat, 84 kapal perintis dan 1 kapal PT, ASDP Indonesia (Ro-Ro). Sedangkan angkutan udara disiapkan 430 pesawat dengan kapasitas 58.585 penumpang. “Jumlah itu sangat mencukupi,” paparnya.

Selain itu, Kemenhub juga memberikan jasa angkutan gratis untuk kendaraan bermotor. Ada dua jasa pengangkutan yakni dengan kendaraan dan kapal. “Semuanya gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun,” jelasnya.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengklaim progress pembenahan jalur pantai utara (pantura) sudah selesai sekitar 95 persen. Kemen PU pun menjamin pada hari H mudik Lebaran, sekitar satu bulan lagi, jalur itu akan nyaman digunakan. Prediksi optimistis itu diungkapkan oleh Dirjen Bina Marga Kemen PU Djoko Murjanto.

Menurut Djoko, persiapan mudik tahun ini lebih baik daripada tahun lalu. Sisa lima persen yang belum kelar, Djoko menyebutkan ada di Indramayu, yakni pekerjaan pelapisan aspal. Sedangkan untuk jalur selatan, dari pantauan Kemen PU juga hampir kelar. Kini jalur itu tinggal tahap finishing yakni buat lining dan marka jalan saja. Awalnya jalur selatan ditargetkan rampung dikerjakan pada Juni akhir. (aph)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here